Sekilas Info

Wartawan Pelempar Sepatu Bust Dapat Penghargaan Keberanian

Tripoli (MHM)- Wartawan Irak yang melemparkan sepatunya ke Presiden AS George W Bush, mendapatkan penghargaan keberanian. Penghargaan tersebut diberikan oleh kelompok amal Libya yang diketuai putri pemimpin Libya Muammar Gaddafi.

Kelompok amal Wa Attassimou juga menyerukan pemerintah Irak untuk membebaskan Muntazer al-Zaidi. Reporter tersebut masih ditahan menyusul insiden pelemparan sepatu ke Bush saat konferensi pers di Baghdad, Irak, 14 Desember lalu.

"Kelompok Waatassimou telah mengambil keputusan untuk memberikan Muntazer al-Zaidi penghargaan keberanian karena apa yang telah dilakukannya mencerminkan kemenangan atas HAM di seluruh dunia," demikian pernyataan kelompok yang dipimpin Aicha Gaddafi tersebut.

Menurut kelompok tersebut, otoritas Irak harusnya menghargai jurnalis itu atas tindakannya. Demikian seperti dilansir kantor berita Reuters, Selasa (16/12/2008).

Namun bagi pemerintah Irak, perbuatan Zaidi dianggap memalukan dan barbar. Menurut penasihat media Perdana Menteri India Yasin Majeed, Zaidi akan diadili atas tuduhan menghina negara Irak. (mhm)

Komentar

Postingan Populer